Panduan Wisata Situ Patenggang

Situ Patenggang Ciwidey Bandung Selatan Jawa Barat, adalah sebuah danau yang berada diantara hamparan perkebunan teh Rancabali, sebuah perkebunan yang dikelola oleh Perusahaan Negara bernama PERHUTANI (Perusahaan Hutan Negara Indonesia) yang mulai beroperasi menjadi taman wisata alam sejak tahun 1981. Situ Patengan, nama lain dari danau ini diperkirakan memiliki luas sekitar 45.000 Hektar, dengan total luas bersama cagar alamnya sekitar 123.077,15 Hektar.

Sebagai sebuah tempat wisata yang cukup populer, perlu kiranya ada sebuah panduan wisata Patenggang untuk mempermudah para wisatawan dalam melakukan perjalanan wisatanya. Untuk itu, berikut adalah beberapa informasi dan panduannya:

situ patenggang

Sejarah-Situ-Patenggang
Nama dari Situ Patenggang sebenarnya adalah Situ Patengan, sesuai dengan lokasi dimana danau ini berada, yaitu di Desa Patengan. Namun, nama Patenggang ternyata lebih populer dibandingkan dengan nama Patengan. Cerita Situ ini berawal dari sebuah legenda masyarakat setempat yang sampai saat ini masih lestari.


Aktifitas Menarik di Situ Patenggang

Berwisata di danau Patenggang, selain menikmati keindahan danau dengan view pemandangan perbukitan yang sangat rindang serta hamparan perkebunan teh yang mengelilingnya, banyak sekali aktifitas wisata yang dapat dilakukan seperti menikmati jasa dan layanan perahu mengelilingi area danau, berkunjung ke pulau Sasuka yang berada di tengah danau, kegiatan fotografer, wisata kuliner dan belanja di area danau, serta banyak aktifitas lainnya yang menarik.



tiket-masuk-situ-patenggang
Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, setiap wisatawan akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp.15.000 di pos pintu masuk. Kemudian meneruskan perjalanan beberapa ratus meter melewati perkebunan teh kemudian masuk ke lokasi wisata. Terdapat area parkir yang cukup luas, namun selalu penuh oleh kendaraan yang hilir mudik / datang dan pergi ke tempat ini. Untuk tarif parkir (keamanan kendaraan dan jasa kebersihan) anda akan dikenakan beberapa rupiah saja. Untuk kendaraan roda 2 ada jasa penitipan helm. Untuk dapat mengelilingi danau, ada perahu yang menawarkan jasa keliling. Tarifnya sangat murah, berkisar di bawah Rp.50.000/ perahu.



Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung


Akses Menuju Situ Patenggang

Situ ini berada area bagian paling selatan kabupaten Bandung, dikelilingi oleh 3 kota dan Kabupaten. Oleh karena itu, akses menuju situ ini dapat ditempuh melalui 3 jalan dan jalur alternatif. Alternatif pertama dari kota Bandung (jalur yang paling sering digunakan), kemudian dari Cianjur Selatan dan ketiga dari garut Selatan.



hotel-di-ciwidey
Banyak hotel dan penginapan dengan berbagai kategori mulai dari hotel berbintang, melati, serta beberapa tipe akomodasi seperti resort, cottage, villa, dan lain-lain. Jumlah penginapan dan hotel wisata Ciwidey sangat banyak mulai dari area Soreang, Ciwidey, Kawah Putih, Cimanggu, Ranca Upas, Patenggang dan lain-lain. Namun, terdapat 20 hotel dan penginapan yang paling direkomendasikan, dilihat dari akses, kemanan, dan kenyamanannya.



tempat-wisata-di-bandung
Ciwidey memiliki banyak objek wisata menarik lainnya selain Situ Patenggang Bandung, yang lokasinya masih dalam satu area, serta akses yang berdekatan dan jaraknya tidak begitu jauh. Beberapa objek wisata tersebut antara lain:
  1. Kawah Putih
  2. Ranca Upas
  3. Cimanggu Hotspring (Pemandian Air Panas Cimanggu)
  4. Situ Lembang
  5. Walini Hotspring (Pemandian Air Panas Walini)
  6. Perkebunan Teh Rancabali
  7. Kawah Cibuni
  8. Situ Cileunca
Inilah informasi wisata situ Patenggang serta beberapa informasi pendukung lainnya. Semoga bermanfaat.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Situ Patenggang All Right Reserved